Bagaimana cara mematahkan hati sang admin jaringan komputer ?

Pernah mengakses sebuah website kemudian muncul sebuah pesan yang menandakan anda tidak boleh mengakses halaman tersebut entah karena :

– Melanggar aturan kantor
– Melanggar aturan akademik
– Melanggar aturan yang lainnya

Tapi terkadang aturan tersebut kurang tepat sasaran. Misal saat saya sedang berkunjung di sebuah tempat kursus saya mencari sebuah artikel yang berhubungan dengan bahasa inggris saya mendapatkan pesan tersebut atau ketika di kantor sedang stress kemudian berhenti sejenak untuk merefresh otak dengan cara mengujungi beberapa situs jejaring sosial untuk sekedar update status dan mengetahui berita terkini orang orang terdekat atau mengakses video streaming standup komedi tetapi pihak kantor membatasi koneksi dengan cara memfilter alamat tersebut.

NOTE : Tulisan dalam artikel ini semata-mata hanya bertujuan untuk pembelajaran segala resiko dari penerapan isi artikel adalah tanggung jawab masing-masing.

Di dalam tulisan kali ini saya tidak akan menjelaskan secara detail bagaimana seseorang mematahkan hati seorang admin yang berhubungan dengan keamanan jaringan komputer. Di sini saya hanya akan memberikan sedikit clue bagaimana pengamanan tersebut dapat dipatahkan.

Untuk mematahkan sebuah pengaman tentunya seseorang harus mengerti bagaimana keamanan itu di buat dan berikut adalah sedikit cuplikan bagaimana seorang admin mengamankan wilayahnya :

1. mengarahkan ke dns tertentu
2. memfilter alamat berdasarkan domain
3. memfilter alamat berdasarkan IP
4. memfilter alamat berdasarkan keyword tertentu
5. etc

Ketika seseorang sudah mengetahui bagaimana cara admin mengamankan wilayahnya maka bukan hal mustahil untuk mematahkannya, tapi ingat terkadang ada hal yang memang tidak bisa di patahkan meski sudah mengetahui bagaimana cara kerja pengamanan tersebut.

berikut adalah cara-cara umum yang sering digunakan :

  • menggunakan port 443 / https (terkendala jika alamat yang ditujuh tidak  menyediakan koneksi https, adanya pengamanan yang ketat di port 443)
  • menggunakan jasa proxy (proxy akan lebih aman jika membuatnya sendiri, tapi biasanya terkendala dengan TOS)
  • menggunakan dns lain (terkadang kita tidak bisa menggunakan dns lain)
  • Tembak alamat IP secara langsung (untuk alamat tertentu yang bersifat shared atau sejenisnya cara ini kurang ampuh apalagi kalo yang di blok adalah alamat IP nya)
  • Tembak alamat IP dengan cara meniru bagaimana domain localhost bekerja / dns server bekerja (cara ini kurang begitu ampuh jika yang di blok adalah alamat IP)
  • dan lain lain

Dari sekian banyak cara yang sering digunakan oleh seorang pematah hati rule penulis pribadi lebih suka menggunakan cara port 443/https atau meniru sistem kerja localhost, karena cara tersebut tidak menggunakan jasa dari pihak ke 3 sebagai perantara.

Semoga clue yang kurang jelas atau bahkan tidak jelas ini bermanfaat buat sang admin dan para pematah hati sang admin.

chipulaja
-__-”
hereg-hereg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *